Ayo Beternak Bebek Peking, Untung Melambung Tahan Banting

Sekilas Bebek Peking

Bebek Peking merupakan salah satu jenis bebek unggul untuk pedaging. Pertumbuhan berat badannya sangat cepat, pada umur 1 bulan berat badannya sudah mencapai 1,5 Kg dan umur 2 bulan bisa mencapai 3,3 – 3,5 Kg/ekor.

Bebek Peking juga lebih tahan terhadap penyakit ternak, terutama Flu Burung. Juga tahan pada kondisi lingkungan yang “sederhana”. Kandang sederhana dengan peralatan minimal asalkan ada tempat berteduh dan areal penggembalaan dengan kolam air untuk mandi dan menurunkan suhu badan.

Penggemukan Bebek Peking

Penggemukan Bebek Peking merupakan usaha yang sangat menguntungkan dengan perputaran yang relatif cepat. Hanya dalam waktu 2 bulan atau 60 hari, bobot Bebek Peking bisa mencapai lebih dari 3 Kg/ekor.

Harga daging bebek relatif stabil dengan pangsa pasar yang sangat terbuka serta perputaran usaha yang cepat membuat usaha penggemukan Bebek Peking patut diperhitungkan.

Panca Usaha Peternakan

Untuk menghasilkan ternak yang baik dan menguntungkan, maka peternak harus melakukan usaha-usaha yang dikenal dengan Panca Usah Peternakan yaitu :

  1. Kandang

Kandang bebek harus memenuhi syarat kesehatan seperti suhu dan kelembaban beserta perlengkapan kandangnya.

Bahan pembuat kandang tidak harus mahal tetapi yang penting cukup kuat.

  1. Bibit Unggul

Bibit unggul dapat diperoleh dengan cara menetaskan sendiri dari indukan yang baik atau membeli Day Old Duck (DOD) dari tempat pembibitan yang direkomendasikan oleh Dinas Peternakan setempat. Bibit DOD harus sehat (tidak cacat) dan seragam.

  1. Pakan

Pakan yang baik untuk usaha penggemukan Bebek Peking adalah pakan jadi/pabrikan jenis starter karena hanya digunakan sampai umur 8 minggu (2 bulan). Untuk lebih menghemat biaya pakan maka peternak dapat meramu ransum pakan sendiri dari beberapa bahan yang mudah didapat dan murah di sekitar tempat usaha. Tambahkan juga Suplemen Organik Cair GDM untuk meningkatkan kualitas pakan dan menghambat jamur alfatoxin. Biaya lebih murah, kualitas pakan setara pabrikan dan dapat mencegah penyakit pada Bebek Peking.

  1. Tata Laksana

Usaha-usaha yang dilakukan peternak pada semua aspek agar peternakannya berhasil mulai dari pembuatan kandang, bibit unggul, pemberian pakan dan minum serta pengelolaan lainnya merupakan tata laksana/tata kelola peternakan.

Untuk menjadikan tata laksana yang baik maka usaha penggemukan Bebek Peking harus dijadikan usaha utama (bukan usaha sampingan) agar semua sumber daya dapat dicurahkan sepenuhnya pada usaha ini.

  1. Pemasaran Hasil Ternak

Pemasaran hasil penggemukan Bebek Peking ini sangat terbuka lebar, mulai dari pedagang kuliner kaki lima sampai restoran dan hotel-hotel berbintang. Untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri saja masih belum tercukupi apalagi untuk ekspor. Hal terpenting dari pemasaran hasil ini adalah kualitas dan kontinuitas produk daging bebek.