Cara Beternak Ayam Petelur ala GDM

Ada berbagai jenis ayam yang sudah dikenal di masyarakat, salah satunya adalah ayam petelur. Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya.

 

Besarnya investasi awal dan faktor resiko membuat peternak pemula sulit berkembang.

 

Dengan kemajuan tehnologi saat ini segala faktor penghambat tersebut dapat diminimalisir.  Kini telah hadir Suplemen Organik Cair GDM, suatu terobosan baru dalam biotehnologi yang memanfaatkan bakteri menguntungkan untuk meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan daya cerna pakan dan meningkatkan efisiensi pakan serta meningkatkan daya tahan ternak ayam terhadap serangan penyakit. Investasi jadi lebih murah dan ternak ayam petelur tahan penyakit serta dapat berproduksi maksimal.

 

Berikut beberapa tips sederhana bagi peternak agar sukses dalam usaha peternakan ayam petelur :

  1. Lokasi dan Kandang

Lokasi kandang peternakan ayam petelur sebaiknya jauh dari pemukiman dan keramaian untuk menghindari stress pada ayam petelur serta tidak menimbulkan bau dan pencemaran di sekitar pemukiman.

Bakteri dalam SOC GDM dapat meningkatkan daya tahan ayam dari stress dan menghilangkan bau kotoran sehingga sangat ramah lingkungan. Aplikasikan SOC GDM lewat air minum dengan dosis 0,3 ml/ekor setiap hari untuk memperoleh manfaat yang besar tersebut.

  1. Bibit ayam (DOC)

Bibit ayan hendaknya yang berkualitas, berasal dari indukan yang sehat, berproduksi tinggi serta merupakan strain unggul. Secara kasat mata DOC yang baik memiliki bulu yang halus dan mengkilat, lincah, mata jernih, berat seragam (35-40 gram) dan tidak ada kecacatan atau tidak ada bekas kotoran menempel di anus.

  1. Pakan dan minum

Pakan ayam petelur menggunakan konsentrat yang jenisnya disesuaikan dengan umur dan fase pertumbuhan ayam petelur. Pakan yang baik mengandung protein, lemak, serat kasar dan mineral sesuai kebutuhan. Daya cerna pakan dan efisiensi pakan sangat diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan dan produksi telur. Tambahan Suplemen Organik Cair GDM mampu meningkatkan daya cerna pakan dan meningkatkan efisiensi pakan dengan dosis 0,3 ml/ekor/hari (pagi-sore). Aplikasi SOC GDM dapat melalui air minum ayam yang volume airnya menyesuaikan dengan umur ayam.

  1. Vaksin dan Obat

Pemberian vaksin wajib dilakukan untuk mencegah penyakit menular pada ayam petelur yang disebabkan oleh virus dengan jalan meningkatkan kekebalan tubuh ayam.

Bakteri dalam SOC GDM juga meningkatkan kekebalan terhadap penyakit yang disebabkan pathogen lainnya.

  1. Panen dan Pasaca Panen

Produksi telur meningkat (Kualitas dan kuantitas) serta masa produktif ayam petelur semakin panjang. Kulit telur/cangkang telur yang menggunakan SOC GDM akan semakin tebal sehingga sangat cocok jika produksi telurnya harus mengalami transportasi yang lama (dikirim jarak jauh), sehingga meminimalisir kerusakan.

 

Demikian beberapa tips sederhana cara beternak ayam petelur ala GDM, semoga bermanfaat.