Cara Praktis Menumbuhkan Plankton di Kolam

Melihat warna air yang hijau segar di kolam sungguh menyenangkan bukan?? Ikan tidak banyak yang mengambang di permukaan dan saat dikasi pakan, ikan akan berebut untuk memakannya. Tentu sangat menyenangkan ya??

Nah, tapi lebih sering kita temui warna air kolam itu sangat keruh, berbau menyengat, saat ikan diberi pakan nafsu makannya rendah.Pasti kita sudah uring-uringan, lalu langsung menyipon kolam berharap air segera normal kembali. Tapi ujungnya? 2 hari kemudian air kembali keruh dan berbau menyengat kembali.

Ini sedikit gambaran bagaiman proses keruhnya air di kolam

Sumber : myaquariumclub.com/pinterest

Ilustrasi diatas adalah proses keruhnya air kolam. Sebenarnya di dalam kolam sudah terdapat bakteri pengurai, tapi bila kepadatan kolam sangat tinggi, tentu tidak sebanding dengan jumlah kotoran yang harus diurai bukan? Oleh karena itu perlu adanya bantuan pasukan bakteri lagi yang ditambahkan.

Kalo banyak limbah tentu plankton akan susah untuk tumbuh. Pertumbuhan plankton memerlukan senyawa CO2 sebagai bahan makanan. Jika ditambak/kolam kurang pasukan bakteri pengurai tentu perang mengurai limbah akan kalah. Suplemen Organik Cair GDM Ikan hadir sebagai pasukan pengurai, pembentuk dan pembasmi limbah. SOC GDM memiliki 5 pasukan bakteri yang terdiri dari 3 pasukan bakteri Bacillus, 1 pasukan Pseudomonas serta 1 pasukan Micrococcus.

Jadi,sekarang tidak perlu galau tentang  air keruh di kolam, bau menyengat ataupun ikan yang suka munggut. Semua bisa diatasi dengan pasukan bakteri SOC GDM.

Cara pakai  pasukan bakteri GDM juga sangat mudah. Tinggal masukan di air kolam atau bisa melalui pakan ikan. Untuk luas kolam 1 hektar hanya perlu 10 liter GDM/ minggu. Nah, pasukan bakteri GDM akan mengurai limbah sehingga lebih sederhana dan dapat dijadikan sumber makanan plankton. Kalo di kolam banyak sumber makanan, plankton lebih mudah berkembang biak sehingga akan mendominasi di perairan. Ujung-ujungnya air bisa berubah menjadi hijau segar dan sedap dipandang mata.

Plankton itu macam-macam jenisnya, ada zooplankton, fitoplankton, bakteriplankton, meroplankton, nah kalo menggunakan GDM. Jenis plankton yang tumbuh adalah bakterioplankton. Ikan dan udang juga sangat menyukai jenis plankton ini.

Jika banyak tersedia plankton di kolam, ikan akan memiliki banyak pilihan terhadap jenis plankton yang akan dimakan. Hal ini juga mempengaruhi terhadap bau ikan. Bau ikan dipengaruhi oleh jenis plankton tertentu yang dimakan oleh ikan. Dengan aplikasi SOC GDM Ikan, dominasi plankton yang ada di kolam adalah jenis bakterioplankton dan Chlorophyceae plankton

Jadi, tunggu apa lagi? Buktikan sendiri khasiat SOC GDM ikan di kolam Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *