Cegah Penyakit ikan Dengan SOC GDM Ikan

Kita mungkin akan sering menemukan ikan/ udang kita tiba-tiba menyendiri di pinggir kolam/tambak. Lebih sering muncul dipermukaan air, berkumpul didekat sumber pemasukan air (inlet) atau bisa juga menemukan segerombolan ikan yang sudah tinggal menunggu di jemput malaikat maut.

Kita sebagai pembudidaya harus dan wajib mengamati perilaku ikan secara seksama. Jika pengamatan secara visual memperlihatkan perilaku yang tidak normal, evaluasi lanjutan harus dilakukan dengan teliti untuk mementukan apakah hal tersebut karena adanya patogen atau kondisi dan kualitas air yang buruk. Pengamatan ini harus dilakukan sesegera mungkin untuk mencegah akibat negatif selanjutnya pada ikan budidaya. Jika diakibatkan oleh patogen, kita pasti kelabakan mencari obatnya. Dimulai dari gejala awal seperti kondisi air kolam keruh/tidak? Nafsu makan menurun atau tidak ? Sirip luka atau tidak? Ada luka atau  tidak? Dan tanda-tanda kelainan lainnya. Setelah menemukan gejalanya baru akan diketahui jenis penyakitnya. Disebabkan jamur, parasit, bakteri atau justru virus? Dan ujung-ujungnya, kita akan segera berpikir untuk mencari obatnya.

Obat apa yang digunakan untuk menyembuhkan Aeromonas? Pseudomonas? Saprolegnia ? Argulus? Dan lain sebagainya.  Coba dibalik pertanyaannya, Bagaimana menjaga kualitas air budidaya agar tetap stabil hingga panen?

Mungkin terlihat klise, tapi pola pertanyaannya memang perlu diubah lho.  Obat itu kan berarti dipahami sebagai bahan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Nah, jika pertanyaannya diubah, tentu kita tidak perlu mencari obat itu tadi, Iya kan?

Yang diperlukan sekarang adalah tindakan preventif menggunakan antibiotik alami. Dimana bisa kita dapat antibiotik alami itu? Antibiotik alami bisa diperoleh dari mikroba atau tanaman. Pembudidaya lebih menyukai produk langsung yang bisa diaplikasikan ke dalam kolam/tambak. Ini terkait efisiensi waktu dan tenaga kerja biasanya.   Bener atau tidak bos?

Berbagai macam produk akan kita temukan dipasaran mulai dari bakteri, jamur, enzim, antibiotik, vaksin juga bagian tertentu dari sel mikroba. Karena banyaknya pilihan tersebut seringkali kita bingung memilih agar sesuai kebutuhan kita. Iya kan??

Suatu produk antibiotik alami dikatakan berhasil biasanya jika memiliki ijin edar, jenis obat tepat untuk penyakit yang tepat (kita memerlukan pengetahuan tentang obat dan takarannya), banyak tersedia dan murah serta tidak menimbulkan efek samping bagi manusia yang mengkonsumsi ikan tersebut.

Jadi penting kita ketahui bahan obat tersebut, cara pakainya, dosisnya hingga berapa lama penggunaan obat itu diperbolehkan di kolam. Suplemen Organik Cair GDM ikan hadir sebagai solusi untuk tindakan preventif munculnya parasit, jamur dan bakteri pada ikan budidaya. Suplemen Organik Cair GDM Ikan terbuat dari 100% bahan organik plus 5 bakteri khusus untuk menunjang kebutuhan kolam. SOC GDM ikan tersedia dalam bentuk cair sehingga sangat mudah diaplikasikan bisa langsung melalui air atau dicampur pakan.Mencegah lebih baik daripada mengobati. SOC GDM ikan mencegah timbulnya serangan penyakit ikan.

Konsultasi Seputar PUPUK Organik Cair GDM 0812 2400 2400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *