Suplemen Organik Cair GDM Untuk Perikanan

Semakin hari budidaya perikanan semakin digemari banyak kalangan. Pemain pemula, pensiunan dan bisnisman mulai serius menggarap bidang perikanan mulai dari pembenihan, pembesaran hingga pengolahan. Perkembangan bisnis dari hulu ke hilir tersebut menarik perhatian perbankan untuk mengucurkan dana usaha di bidang perikanan.  Akan tetapi, perkembangan bisnis yang semakin positif tidak di barengi dengan kondisi lingkungan perairan.  Permintaan produksi semakin tinggi tidak sebanding dengan kegagalan budidaya sehingga pembudidaya harus lebih cermat dan tepat dalam penanganannya. Sistem tradisional mulai ditingkatkan menjadi semi intensif, semi intensif menjadi intensif. Teknologi budidaya juga berkembang pesat dengan bantuan mikrooganisme seperti bakteri, yeast, mikroalga dan bakteriofag. Bakteri memiliki peran penting dalam lingkungan budidaya perikanan sebagai pengurai, pembentuk flok, pendegradasi partikel di lingkungan tambak/kolam.

Bakteri telah lama digunakan sebagai bahan tambahan dalam dunia perikanan terutama budidaya udang. Sekarang hampir semua budidaya mulai dari air tawar, air payau hingga air laut memanfaatkan peran bakteri atau yang sering disebut suplemen/probiotik.

Berbagai macam bakteri digunakan mulai dari Bacillus, Pseudomonas, Lactobacillus dan masih banyak lagi jenisnya. Suplemen  adalah mikroorganisme atau komponen sel mikroorganisme (enzim) yang ditambahkan dengan cara-cara tertentu agar masuk kedalam saluran pencernaan ikan dan tetap hidup dengan tujuan memperbaiki kesehatan ikan.

Secara umum suplemen/probiotik berfungsi sebagai pengendali biologi, perbaikan kualitas air, peningkat respon imun, agen pengendali mikroba saluran cerna dan untuk menekan bakteri pathogen di lingkungan kolam.

Suplemen untuk perikanan harus memiliki karakter yaitu menguntungkan ikan/udang, mampu hidup atau bertahan di saluran cerna ikan, dapat terjaga stabilitas produk dan aman disimpan dalam jangka waktu lama serta dapat diproduksi secara masal dalam skala industri.

Suplemen Organik Cair GDM memiliki 5 jenis bakteri spesifik sesuai kebutuhan untuk budidaya perikanan. SOC GDM memiliki 3 jenis Bacillus yaitu Bacillus mycoides, Bacillus brevis dan Bacillus pumilus selain itu juga mengandung Pseudomonas alcaligenes dan Micrococcus roseus.

Kombinasi dari 5 bakteri ini mampu memperbaiki nutrisi seperti produksi vitamin, detoksifikasi pangan, menghambat perkembangan bakteri merugikan dalam saluran cerna serta memproduksi senyawa anti pathogen sehingga sangat membantu dalam peningkatan produktifitas budidaya.

Sebelumnya, peningkatan produktifitas kolam menggunakan  bahan-bahan kimiawi seperti antibiotik dan disinfektan tetapi sangat merugikan karena menjadi residu di kolam dan terutama residu pada konsumen. Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bertindak tegas dengan melarang penggunaan antibiotik maupun disinfektan dalam budidaya perikanan untuk keamanan jangka panjang.

SOC GDM termasuk suplemen yang dibuat dari 100% bahan organik yang ada di lingkungan sekitar dan sesuai dengan kebutuhan di kolam/tambak. SOC GDM juga mengandung nutrisi makro dan mikro mineral yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan dan ketahanan ikan budidaya.

Perubahan kualitas perairan dan lingkungan harus kita sikapi dan cegah dengan teknologi. SOC GDM adalah paket hemat untuk pertumbuhan, perkembangan dan ketahanan budidaya ikan karena memiliki fungsi sesuai kebutuhan kolam yaitu, pengurai, pembentuk flok, pendegradasi limbah, dan penghasil enzim serta penghasil antibiotik. SOC GDM juga dapat memperbaiki kondisi lingkungan lewat proses bioremediasi sehingga menguntungkan ikan budidaya.

Dari berbagai riset membuktikan, dengan adanya introduksi mikroba positif maka kolam menjadi lebih sehat dan ikan juga lebih kuat terhadap stres dan penyakit.  Yang pasti, pertumbuhan ikan bisa sangat pesat karena SOC GDM itu merangsang nafsu makan.SOC GDM juga ibarat benteng pertahanan diri.Jadi sebaiknya diberikan sejak dini.Begitu bibit mau masuk kolam, 1 minggu sebelumnya air kolam harus diaplikasiSOC GDM agar kondisi air tumbuh banyak plankton.Selanjutnya, pemberian SOC GDM untuk pemeliharaan air cukup satu minggu sekali sesuai dosis.

Jadi, SOC GDM memang harus difungsikan menjadi semacam imunisasi.  Jika diberikan lebih awal, maka efeknya akan lebih bagus.  Jangan menunggu kondisi kolam jelek dan ikan stress atau terserang penyakit.  Pemberian SOC GDM secara teratur akan menghasilkan ikan yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *