Tips Super Jitu Cegah Munggut pada ikan dan udang

Tips Super Jitu Cegah Munggut pada ikan dan udang

Budidaya ikan dan udang mejadi bisnis yang menggiurkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan karena semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan daging putih (ikan/udang).  Namun, seiring dengan peningkatan kebutuhan ikan/udang, semakin kompleks juga permasalahannya mulai dari harga pakan yang semakin mahal, penyakit ikan dan udang serta pencemaran lingkungan terutama air. Air sebagai media hidup ikan dan udang menjadi penting dan harus mendapat perhatian khusus oleh para pembudidaya. Pembudidaya perlu melakukan banyak treatment untuk setidaknya mempertahankan kualitas air agar sesuai dengan media hidup ikan dan udang. Oleh karena itu, Kualitas air merupakan salah satu faktor yang penting dalam pertumbuhan ikan

Munculnya kasus munggut atau bisa disebut keracunan amoniak disebabkan oleh berbagai factor dalam air. Derajat keasaman (pH), kadar oksigen dalam air, naik turunnya suhu, jumlah ikan/udang yang ditebar dalam kolam serta factor lainnya.  Pasti pusing dan butuh fast respond dalam mengatasi munggut kan? SOC GDM Ikan hadir sebagai solusi anti munggut untuk semua jenis ikan dan udang baik air tawar, payau maupun air laut. SOC GDM adalah suplemen organic cair dengan bahan 100% dan 5 bakteri spesifik yang sesuai dengan kebutuhan kolam dan tambak Anda.

Ikan mengeluarkan 80- 90% amonia (N-anorganik) melalui proses osmoregulasi, sedangkan dari feses dan urine sekitar 10-20% dari total nitrogen. Akumulasi amonia pada media budidaya merupakan salah satu penyebab penurunan kualitas perairan yang dapat berakibat pada kegagalan produksi budidaya ikan .Ammonia adalah hasil utama dari protein yang merupakan racun bagi ikan. Pengaruh yang berbahaya dari ammonia yaitu berhubungan dengan nilai pH dan suhu air. Kandungan ammonia hasil metabolisme yang meningkat cenderung menyebabkan gangguan yang bersifat fisiologis dan memicu stress pada ikan.

Dengan demikian semakin intensif suatu kegiatan budidaya akan diikuti dengan semakin tingginya konsentrasi senyawa nitrogen terutama amoniak dalam air. Meskipun melalui manajemen yang baik, pakan yang diberikan pada ikan pasti akan menghasilkan limbah.

Bacillus mycoides, B.pumilus dan B. brevis akan membantu Anda mengurangi kadar amoniak penyebab munggut di kolam Anda.  Kuncinya hanya perlu aplikasi SOC GDM secara rutin. GDM Pasti Panen.

 

Konsultasi Seputar PUPUK Organik Cair GDM 0812 2400 2400